Makam Syekh Bentong

Selain Syech Quro di Karawang dikenal juga tokoh yang bernama Syech Bentong.  Syech Bentong disebut pula dengan nama Panembahan Pulomasigit atau Syech Darugem. Menurut tradisi lisan masyarakat, Syech Bentong adalah murid Syech Quro yang paling dekat yang kemudian dijadikan anak angkat. Beliaulah yang mendampingi Syech Quro dalam melakukan ujlah di Kampung Pulobata, Pulokalapa. Setelah Syech Quro wafat mungkin beliau melanjutkan islamisasi di sekitar Pulokalapa hingga akhir hayat. Sehingga beliau dimakamkan di Kampung Pulobata, Pulokalapa.

Komplek makam Syech Bentong disebut Keramat Pulomasigit berada di sebelah utara komplek makam Syech Qura, Makam Syech Bentong berada pada bangunan cungkup berukuran 9 x 12 m. Untuk memasuki halaman cungkup makam melalui gerbang masuk yang berada di sisi selatan. Bangunan cungkup terdiri tiga ruangan. Ruangan paling depan merupakan serambi terbuka. Ruang tengah merupakan ruangan tempat para peziarah. Ruang paling dalam merupakan ruang tertutup tempat makam Syech Bentong. Para peziarah tidak diperkenankan memasuki ruang makam. Di depan pintu masuk terdapat tempat pembakaran kemenyan atau hio. Abu sisa pembakaran tampak tertampung pada belanga yang terbuat dari bahan tembikar. Bangunan cungkup merupakan bangunan baru. Lantai dan sebagian dinding dilapi keramik berwarna putih. 
Di sebelah timur bangunan makam terdapat masjid berukuran 12 x 12 m. Atap masjid berbentuk tajug tumpang dua. Pada keempat sudut atap terdapat semacam menara. Di belakang masjid terdapat sumur yang dikeramatkan. Sumur ini berada di tengah kolam. Para peziarah yang akan mengambil air sumur harus melewati kolam tersebut. Di sebelah barat bangunan cungkup makam Syech Bentong juga terdapat bangunan masjid. Masjid dilengkapi ruangan khusus untuk jamaah perempuan (pawestren). Atap bangunan utama masjid berbentuk tajug tumpang dua. Ruangan pawestren berada di bagian utara masjid beratap limas memanjang.
 

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

 Subscribe in a reader

Add to Google Reader or Homepage

Powered by FeedBurner

Waris Djati

↑ Grab this Headline Animator

My Ping in TotalPing.com Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software DMCA.com Literature Blogs
Literature blog Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! free web site traffic and promotion Submitdomainname.com Sonic Run: Internet Search Engine
eXTReMe Tracker
free search engine website submission top optimization